www.bukaniseng.wordpress.com – Iptek, Bisnis dan Kesehatan

Panduan Perbandingan Beli Laptop/NoteBook

Posted in Iptek by santo on August 18, 2008

Artikel+Komentar Tentang “Panduan Perbandingan Beli Laptop/NoteBook” Telah dipindah ke info-utama.blogspot.com ( di karenakan sesuatu hal yg menyangkut system setiap kali melakukan editing,posting data di media ini ).

Mulai Tanggal 23 Desember 2008 semua artikel disini sudah saya pindah di info-utama.blogspot.com dan beserta balasan setiap komentar pembaca hanya akan saya jawab di blog saya di info-utama.blogspot.com. dan saya sudah “meninggalkan” Blog ini.

Untuk ber-komentar dan Pertanyaan seputar “Panduan Perbandingan Beli Laptop/NoteBook” langsung saja Klik diUrl dibawah ini
http://info-utama.blogspot.com/2008/12/panduan-perbandingan-beli_22.html

42 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. mimi said, on November 5, 2008 at 7:35 am

    ksi saran dong…
    kl dana 6-7jtan…laptop yang oke yg mana ya…
    abis bnyk bgd iklan …jd bingung…
    thx b4…

  2. santo said, on November 7, 2008 at 10:09 am

    Bwt mimi. saya mencoba kasih saran untuk dana 6-7 jutaan enaknya beli laptop seperti apa dan tentunya yg berkwalitas Bagus, Murah tapi Gak Murahan hehehehe….

    Saya memberikan 2 saran Alternatif pilihan sbb :

    1. Notebook BYON M31W S/S T2330
    Byon M31W S/S T2330 * Intel Mobile Technology
    - Intel Pentium Dual Core T2330 (1.6Ghz/1Mb/533Mhz)
    - M672 + 968 Chipset
    - WiFi included
    * LCD 14.1″ Wide Screen Vibrant Visual Display (VVD)
    * Memory 1Gb DDR2 667
    * HDD 160GB / 5400rpm S.ATA
    * Graphic Mirage 3+ (Memory 256Mb shared)
    * DVD-RW SuperMulti Optical Drive (Support DVD-RAM)
    * WebCam 1.3MPx CMOS (SmartDog Soft Incl)
    * Gigabit LAN, Modem 56Kbps, Express Card
    * 2 x USB 2.0 Ports, 2x USB 2.0 Power USB
    * 3-in-1 card reader (SD, MMC, MS.MSPro)
    * Smart Battery Feature
    * Weight 2.4Kg (with Battery & ODD)
    Harga: -+ Rp 5.690.000
    ( Berdasarkan pengalaman sewaktu saya membeli merk Byon tersebut, Performa bagus dan memuaskan saya, saya Tes dengan cara mengolah gambar-gambar 3D desain produk dan konstruksi mesin dengan menggunakan software seperti Maya,Autocad,3Dmax,Corel Draw,PhotoShop kebetulan saya juga bekerja di bidang IT dan Engineering. Saya juga mencoba Test menghidupkan selama 1 bulan penuh tanpa mati, hasil dari sisi hardware juga gak ada masalah. Saya juga melakukan Test dengan cara membuka secara bersamaan software2 berat seperti 3Dmax,microsoft office,photosop,corel draw,Adobe Acrobat,Ms SQL Server Database Server hasilnya proses loadingnya cukup cepat tanpa ada Hang pada system. Sewaktu saya membeli Byon emang banyak yg kritik napa beli Byon yg kata mereka merek lokal performa meragukan, yg jelas saya membeli barang tidak pernah asal alias sembarangan, sebelum saya membeli barang saya selalu melakukan browsing tentang produk. saya buktikan Byon gak seperti yg “mereka” bicarakan. dan Byon ini saya bandingkan dengan merk Lennovo,Acer,Compaq yg rata2 harganya berkisar antara 5 – 7 jutaan, Hasil Tes Perbandingan Kerja System, saya memilih BYON :-) )

    2. Dell Vostro 1310:
    *. Processor: Intel Core 2 Duo T8100 (2.1GHz)
    *. Display: 13.3″ WXGA Antiglare
    *. HDD: 160GB 5400RPM HDD
    *. Optical drive: Slot-loading 8x DVD +/- RW
    *. Memory: 2GB – 2 DIMM (DDR2-667) (4GB max)
    *. Graphics: 128MB NVIDIA GeForce 8400M GS
    *. OS: Vista Business SP1 (available with XP Professional)
    *. Software: 30-day security subscription anti-virus, No trail-ware
    *. Wireless: Dell 1505 Wireless-N Mini Card (802.11a/g/n)
    *. Other: Webcam and fingerprint reader
    *. Battery: 6-cell battery
    *. Services: Network assistant; 10GB of Datasafe online; Dell Support Center; PC Tune-up
    *. Weight: 4.45 lbs (with 4-cell battery), 4.63 lbs (with 6-cell battery)
    *. Dimensions (HxWxD): 0.94″ (front)/1.59″ (back) x 12.48″ x 9.57″
    Harga : -+ Rp.7.300.000 – 8.000.000

    Jika anda mau sabar sedikit untuk menabung saya sarankan membeli Dell, saya juga melakukan tes dan perbandinganm dan browsing tentang Dell merek tersebut dengan Merk2 lainm selain itu saya juga melakukan test dengan menggabungkan peralatan Robotika hasilnya lancar :-), Dell juga Mantab !! :-), kebetulan saya juga masih kul di salah satu sekolah tinggi informatika dan komputer di jogja dimana banyak temen2 saya yg memiliki laptop berbagai merk, nah disitulah saya sering melakukan test perbandingan kinerja system antar merk laptop bersama temen2 saya di kampus hehehehe…

    Jika anda menggunakan laptop hanya untuk presentasi,mengetik saja anda bisa membeli Acer,Compaq seri apa saja dengan harga yg berkisar 6-7 juta rata2 sudah bagus banget :)

    Demikian ulasan saya, moga membantu menentukan pilihan Mimi :-)

  3. amel said, on November 17, 2008 at 7:57 am

    Minta saran dong..
    Pengen beli laptop yg bwt programming, desain grafis
    Layar 13″-14″ an
    Yg ringan tp ga gampang rusak
    Ada webcam
    Bs bwt internetan
    Spare part nya gampang nyari nya
    Harga di bawah 12jt an
    Kira2 laptop merk apa ya yang cocok?
    Makaci seblmnya…

  4. santo said, on November 19, 2008 at 6:17 pm

    To:amel

    Saya sarankan anda beli Merek Dell Vostro 1310:
    1. Spesifikasi Hardware
    *. Processor: Intel Core 2 Duo T8100 (2.1GHz)
    *. Display: 13.3″ WXGA Antiglare
    *. HDD: 160GB 5400RPM HDD
    *. Optical drive: Slot-loading 8x DVD +/- RW
    *. Memory: 2GB – 2 DIMM (DDR2-667) (4GB max)
    *. Graphics: 128MB NVIDIA GeForce 8400M GS
    *. OS: Vista Business SP1 (available with XP Professional)
    *. Software: 30-day security subscription anti-virus, No trail-ware
    *. Wireless: Dell 1505 Wireless-N Mini Card (802.11a/g/n)
    *. Other: Webcam and fingerprint reader
    *. Battery: 6-cell battery
    *. Services: Network assistant; 10GB of Datasafe online; Dell Support Center; PC Tune-up
    *. Weight: 4.45 lbs (with 4-cell battery), 4.63 lbs (with 6-cell battery)
    *. Dimensions (HxWxD): 0.94″ (front)/1.59″ (back) x 12.48″ x 9.57″
    Harga : -+ Rp.7.300.000 – 8.000.000

    2. Notebook Byon S1371 G/SR T2370
    Spesifikasi Hardware
    * Dual Core-1.73 GHz/ 1MB L2 Cache
    * DDR2-1GB
    160GB
    * DVD-Super Multi
    * Camera 2.0 MP
    * LAN/Modem/WiFi
    * Bluetooth
    * LCD 13.3″ Wide Screen
    * Reader
    Harga : -+ Rp 7,850,000

    moga membantu :-)

  5. amel said, on November 20, 2008 at 3:02 pm

    Kalo Toshiba ato sony vaio tu gmn?
    Ga cocok y kalo bwt programming?
    Ngiler bgt kalo ngeliat 2 merk tu..
    hehehe

  6. santo said, on November 21, 2008 at 12:14 pm

    Toshiba dan Sony Vaio bisa aja bwt programming. Soni Vaio yg 13 inci dengan hardware yg bisa ngangkat untuk programming dan desain grafis sepertinya harganya sampai 12 juta bahkan mungkin diatas 12 juta. Inget lho bro, Desain Grafis itu butuh hardware yg besar dan bagus lho hehehe…… :-)

  7. angga said, on November 24, 2008 at 8:51 am

    pengen beli laptop yang bagus performanya,
    untuk program mutimedia.

    bingung ne cari yang pas di kantong tapi bagus dan gak murahan.

  8. M!QZ said, on December 5, 2008 at 3:47 am

    bro numpang nanya donk klo laptop second..abis klo baru syng jg trn harganya jauh..kisaran dana 3-4 jt..kalo bisa speknya berkisar sperti ini :
    1. Intel Centrino
    2. Layar jng gede2 klo bisa 12inch
    3. ada wifi
    nh kalo yg laen sh kn bisa diupgrade kaya HDD n memory..
    kira2 laptop apa yg cocok sama keinginan g di atas..thx y atas infonya

  9. santo said, on December 5, 2008 at 9:53 am

    To : M!QZ

    laptop second dengan spesifikasi hardware 12″, intel centrino, wifi dengan harga 3-4 juta itu termasuk susah nyarinya, kalopun ada biasanya No Bat alias batre rusak.

    Dipasaran rata-rata merek laptop dengan spec hardware+harga tersebut sbb :
    1. Toshiba
    2. Dell seri latitude ( barangnya termasuk langka, kalopun ada biasanya cepet laku)
    3. IBM

    ke 3 merek laptop tersebut merupakan merek yg memiliki reputasi bagus. Silahkan dipilih mana yg cocok di hati. Moga membantu :-)

  10. Astari said, on December 8, 2008 at 4:45 am

    Saya perlu laptop untuk e-mail,download yg memoriny gede2 kyk musik & video,ngetik2gt,game,tapi gak gampang ngeheng.Harga 5-7 jtan aj lah. Ada express card slotny jg tapi.bisa WiFi.

  11. rio said, on December 8, 2008 at 9:10 am

    mas,mis.klo cari apple,pling murah kisaranya berapa y?
    truz prog.leopard ma vista garang mana sih??

  12. rio said, on December 8, 2008 at 9:14 am

    oh satu lagi,pc biasabisa di kasih apple g?
    mis klo bisa,spesifikasinya gmn

  13. santo said, on December 8, 2008 at 11:37 am

    to : Astari

    Laptop dengan permintaan yg anda sebutkan diatas dipasaran masih susah nyarinya. Rata2 7 juta keatas hampir mengenai angka 8 hehehhe… :-)

  14. santo said, on December 8, 2008 at 12:11 pm

    to : rio

    PC biasa gak bisa dengan asal di instal sistem operasi Apple, Apple biasanya hanya bisa di install pada hardware produksi dari Apple sendiri. Apple sendiri sudah mengeluarkan sistem oprasi MAC OS X LEOPARD yg bisa berjalan diatas procesor keluarga Intel. Jadi kalo procesor anda Intel dan kalo anda penggemar Apple OS, baiknya pake Leoprad saja dari pada Vista, Vista masih belum kompatibel dengan banyak software (Saya sendiri heran kenapa banyak produsen laptop merekomendasikan Windows Vista pada Laptop :-) ) Untuk laptop Rata2 kisaran harga Apple 8-12 juta.

  15. Anjar S. said, on December 16, 2008 at 5:29 pm

    Alo mas Santo.
    Saya mau tanya neh..sy berencana mau rakit PC n mo pake AMD utk prosesornya, nah masalahnya saya sama sekali ga tau apa2 ttg prosesor AMD, krn dari dulu yg saya tau dan dgembar-gemborkan hanya Intel’Pentium saja n utk catatan saya dan abang saya semua memakai laptop dengan prosesor Intel so utk PC drmh sepakat utk pake AMD aja krn ada yg bilang AMD ga jelek2 bgt n hrgnya jg lmyn pas. Nah sekarang pertanyaan saya…jika diumpamakan Core 2 Duonya versi AMD itu yg mana? Mksd saya yg sebanding dengan Core 2 Duonya dari Intel, kl utk AMD itu apa? N tipe2 AMD itu apa aja yg pas misalkan ada yg namanya Phenom, Athlon, Terioun dll yg bnr2 ga pernah denger n ga tau perbedaan satu dengan yg lainnya. Trus biar ga nyesel dikemudian hari apa positif n negatifnya dari AMD itu sndri krn saya takut sudah rakit n jadi ternyata AMD itu ga cocok dengan ini atau itu..atau ga bisa dipasang ini atau itu..motherboard beda dll.
    Ok mas maaf pertanyaan saya terlalu bnyk karena saya memang tidak mengerti ttg AMD ini tetapi sangat tertarik sekali utk memakainya. sebelumnya terima kasih atas info dan bantuannya. Sukses selalu.

  16. santo said, on December 17, 2008 at 10:47 am

    To : Anjar S

    Oke saya akan menjawab. ( Jawaban saya ini berdasarkan pengalaman, diskusi, dan browsing dari forum ke forum )
    AMD yg setara persis dengan Intel Core 2 Duo itu gak ada. Yang saya temukan AMD Turion X2 vs. Intel Core2Duo T5800 -> bagusan Intel Sedikit. ya paling tidak hampir mendekati setara lah.
    Reputasi AMD yg dulu memang gak bagus, panas, cepet hang, processor bisa terbakar kalo kelamaan di idupin berhari-hari ( Ini pernah saya alami sendiri ).
    TAPI, Reputasi AMD yg sekarang beda sama yg dulu. AMD sudah menunjukan perubahan yg lebih bagus. sudah gak seperti dulu lagi.

    AMD sekarang memakai Frekuensi yang lebih kecil,efisien sehingga dapat memproses lebih cepat dari pada intel ber frekuensi lebih tinggi. Pada Website Tom’s Hardware, sudah dibuktikan dengan melakukan Test pada 2 prosesor setara milik Intel dan AMD, dan terbukti AMD jauh lebih tahan lama, dan Intel mengalami blue screen,(windows error screen) test dilakukan dengan cara menggeber 2 komputer dengan game berspesifikasi berat selama-lamanya, komputer diminta menjalankan looping demo dan pada hari ketiga prosesor intel mati kepanasan. dan AMD terus berjalan sehingga tes dihentikan.

    Menurut Hemat pikir saya antara Intel dan AMD sekarang ini sama2 bagus dan bersaing hebat, malah ada yg bilang skrg ini Intel lah yg berusaha Menyaingi AMD.
    Salah satu kehebatan AMD adalah kemampuan processor AMD 64bit yg bisa menjalankan aplikasi 32bit, sedangkan intel 64bit tidak bisa menjalankan aplikasi 32bit. Sehingga Intel membeli lisensi AMD 64bit.

    Dan perlu di ingat masing2 processor memiliki kelebihan dan kelemahan. jadi pilih hardware sesuai kebutuhan kinerja anda. Untuk kedepanya processor AMD cukup bangus.

    Untuk Pertanyaan anda tentang macam-macam processor AMD itu sama dengan anda tanya tentang perkembangan processor AMD itu ulasan nya buanyak banget. Jadi silahkan anda cari sendiri di Google.com dengan kata kunci “perkembangan processor amd ato macam-macam processor amd” Huhehehehehehe……..

    Oke, semoga memberi pencerahan :-)

  17. erwan said, on December 21, 2008 at 5:14 pm

    untuk desain grafis bagus mana ya intel ato AMD?
    trus kalo yang bagus AMD, seri yang mana?
    saya berencana beli laptop untuk desain grafis…
    dengan budget 5 – 8 juta…
    acer bagus gak?
    and ada saran gak untuk merk laen….
    mohon balas di email saya…
    thankssss

  18. santo said, on December 22, 2008 at 9:40 am

    To : erwan

    Untuk sa’at ini menurut saya, antara Intel dan Amd sama-sama bagus nya.
    Untuk Desain grafis silahkan anda pilih mana yg cocok di hati antara Intel dan AMD. Yang Jelas Intel lebih familiar di telinga kita..itu wajar karena promosi Intel kan lebih gencar di media-media heheheh..sedangkan promosi AMD tidak segencar Intel :-). Tapi jangan terfokus dengan Iklan, tetapi tetep harus mempelajari perkembangan dari sebuah prdouk.

    AMD Athlon X2 7000 series itu seri lumayan bagus. AMD Athlon X2 7000 series didesain supaya memberikan performa yg bagus untuk media digital, multi tasking, akselerasi pemrosesan video dan hemat listrik dan dukungan chipset yg terintegrasi dengan ATI Radeon 3200 untuk mendukung HD1 Video1.

    penjelasan selanjutnya selengkapnya sudah saya kirim ke e-mail anda :-)
    moga membantu :-)

  19. sayed said, on January 18, 2009 at 5:29 am

    Mas santo pake notebook dell yah,., gmn selma ini ada kendala g? aku mau beli juga nihhh,.,.! tertarik dengan pengalaman mas santo, thanks yah

  20. sayed said, on January 18, 2009 at 5:31 am

    owiyah satu lagi mas kl nanti sewaktu2 ada masalah service centr nya di mana yah mas untuk dell nya?

  21. ian said, on February 9, 2009 at 1:59 pm

    mas, mau nanya nih… lg pngen bli laptop tapi budget cuman 5-6 juta, kira2 ap yah yg bagus??? saya btuh yg bisa lancar maen game online & ngejalanin aplikasi grafis, thanks ya mas^^

  22. Jamie said, on April 8, 2009 at 3:48 pm

    Allo mas
    saya mau tanya ne… Kalau laptop yang bagus buat game dan internetan, gag cepet ‘ngehenx’ harga sekitar 6-8 jutaan apa ya yang bagus?

  23. maria said, on April 19, 2009 at 1:35 am

    mas,sy mau nyari laptop buat dipake ngetik2,engineering ky matlab,hysis,corel draw
    budget max 7jt
    kira2 laptop apa yg bgs n cocok bwt sy y?
    thx

  24. Evie said, on May 24, 2009 at 9:06 am

    Mas, laptop harga 5 – 6 jt yg bagus untuk ngetik, persentasi, program2, games, yg batreyn tahan lama, engak cpt heng dan engak cepet panas, yg bisa digunakan setiap hari kira2 merek dan perseccor apa? Makasih…..

  25. nurdin said, on June 1, 2009 at 2:21 pm

    bagaimana kinerja lenovo G 230 59019597, bagus ato tidak? bagaimana jika dibandingkan dengan DELL XPS?

  26. tony said, on June 4, 2009 at 1:15 am

    mas,sori mo nanya kalo laptop yang bagus buat arsitek dan maen game apa yah sekarang ini yang budgetnya di bawah 10 juta????????
    THX………..

  27. Hendra said, on June 7, 2009 at 8:57 pm

    Hallo mas, aku mau nanya nehh, aku mau beli laptop baru, cuma karena bugjetnya pas2an aku rencanaya jd pilih merek lokal. Bisa kasih saran gak mas kira2 dari beberapa merk lokal yg aku tau seperti: Zyrex, A.note,Axioo,Byon,Advan,Ion, mana yah yg paling ok dan ngomong2 spek yg aku mau Intel dual core, memory 1Gb, n kira2 berapaan yah harganya.TXb4……..

  28. adel said, on July 30, 2009 at 1:38 pm

    mas, mau nanya dwonk… notebook mini bagusan merek apa yup n tipe apa???
    klo hp mini 1000 or toshiba nb200gimana??? apa bedanya netbook dan notebook???
    minta tolong dijelasin secara rinci dwonk. tq b4

  29. Venny said, on October 6, 2009 at 6:11 am

    mas mau tanya, antara laptop toshiba nb200 dengan hp pavilion dv2-1010 (black) itu lebih bagus yang mana yah? Soalnya aku ingin beli laptop yang bisa awet, bandel, dan tahan lama gitu. Untuk penggunaan lebih ke mobile dan game. Thx u…

  30. Den bagus-e said, on October 20, 2009 at 12:24 am

    Mas, sy pengin beli Byon W9121 yg pake Atom N330, ada yg bilang N330 yg dual core sistem boros energi sbb direkomendasikan utk Nettop. Gimana menurut pendapat sampeyan ? Trus daya tahan baterainya ? Makasih infonya.

  31. Den bagus-e said, on October 20, 2009 at 12:26 am

    Maaf mas, sangat ditunggu infonya segera. Sudah ngebet punya laptop. Hehehe

  32. why_pst said, on November 30, 2009 at 8:57 am

    kalo acer aspire 3810 sm 4810 bagus mana?

  33. dedek said, on May 24, 2010 at 2:22 am

    mas sy mnt tlg saran,kl laptop yg bgs bt bt presentasi,game,internet,webcam,gampg d colok dg modem hp,budget sy sekitar 4-5 jt

  34. M BUDI S said, on June 1, 2010 at 4:40 am

    kalau dari merek berdasarkan kualitasnya milih upu mas??asus/msi???

  35. M BUDI S said, on June 1, 2010 at 4:41 am

    kelemahan asus/msi itu apa??

  36. Devi said, on June 13, 2010 at 4:28 pm

    Tolong dong.. saya mau beli komputer buat adik saya biar kaga gaptek tapi saya kaga ngerti komputer sama sekali.. Kisar harga 5 – 8 jutaan..
    Sekalian tolong jelasin bedanya semua merk komputer, sepertinya diluar banyak sekali merknya mo tanya bingung kaga tau mo mulai dari mana karna kaga ngerti…
    Bagaimana dengan mengaktifkan modem y…terima kasih sebelumnya..

  37. abu jasmine said, on June 29, 2010 at 2:58 am

    mas tanya dong… kebetulan kerjaan sya adlah service handphone
    dan klo handphone kerusakannya disoftware otomatis sya menggunakan PC untuk memperbaikinya,
    yg saya tanyakan laptop ap yg kira2 cocok bwt saya..
    nb: intel core i3, i5, i7 dan wind 7, vista tdk support dengan software yg sy pke bwt nyervice, jd max yg dipke proc core 2 duo

    specny yg dibutuhkan kira2 begini:
    usb port klo bisa agak banyak
    proc core 2 duo 2,2 Ghz/ ddr 2 GB
    driver support win xp
    hdd 320 gb
    bat 6 cell

  38. abu jasmine said, on June 29, 2010 at 3:07 am

    lupa
    laptop yg ada USB PCI kira2 merek apa ya???

  39. dodi said, on April 20, 2011 at 5:44 am

    mau nanya nih…mana yg lbh bagus ya..
    1.acer aspire 4750-2312 G50 Mn
    2.lenovo ideapad G460 150
    sy lebih mengutamakan yg bandel,batre awet,n spec tinggi…

  40. kunti said, on August 11, 2011 at 6:12 am

    mohon saran,
    perbedaan macbook dan laptop
    spek, fungsi dan harga

  41. rio said, on October 12, 2011 at 10:49 am

    saya mau tanya..
    vga ati radeon hd 3200 sama mobile intel 965 express chipset family itu bagusan mana?
    dan untuk desain grafis lebih baik laptop HP6535b atau dell inspiron 1525?

  42. Accelerate by Eben Pagan said, on May 12, 2013 at 8:10 am

    Why visitors still make use of to read news papers when
    in this technological globe all is existing on net?


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

